Jumat, 15 Maret 2013

Jakarta Kian Padat

Kalau dengar kata macet kayaknya sudah jadi kata-kata yang biasa bagi penduduk ibu kota. Hampir tiap hari ini bisa dilihat pada jam pergi dan pulang kerja. Wilayah jalan selalu kondisi macet parah banget kusut. Kalau dari yang kita dapatkan disebut jumlah mobil nya yang katanya sudah jauh melampau kapasitas jalan. Tapi bukan mobil jumlah dari kendaraan motor juga sudah banyak. Dan jalan jadi padat deh. Bingung mau gimana lagi rasanya kita yg tinggal di Ibu Kota kacau balau kayak gini.

Terutama pas musim hujan apalagi deras bisa dibilang pasti deh bisa dibilang hampir semua got dan selokan yang tersumbat dan sungai-sungai pasti jadi meluap jadi banjir parah. Kalau mau dipikir lagi ini yah karena dari warga kota nya sendiri lah yang memang suka membuang sampah yang semau nya saja. Gaya hidup ini sangat sulit diubah lagi. Ditambah lagi datangnya banjir dari luar Ibu Kota. Wah ini akibat tidak bagusnya serapan tuh di hulu dari sungai kurang baik. Juga limbah sampah yang sudah tinggi menumpuk di jalur pengairan.

Andai kalau kita pikir jadi tuh gimana ya solusi jalan keluarnya? Yah ini kan sekedar cuma pembahasan aja. Menurut saya solusi nya kita yah sepertinya masih musti kudu bersabar. Ada dulu sempat beberapa gosip memindahkan ibu kota tapi yah sepertinya ga mungkin bisa. Karena tuh ga semudah seperti yang dipikir. Yang kemarin yah belum lama ini adalah dengan tuh meninggikan down payment kredit motor dan mobil. Tujuannya mencoba mengurangi keinginan orang beli mobil. Dulu kan dengan uang muka sekedarnya tuh udah bisa bawa pulang mobil motor kredit. Sekarang sudah tidak mudah lagi. Beberapa waktu lalu Pemerintah juga sudah mencoba beberapa solusi dan terobosan yg bagus seperti membangun dan menyediakan jalur busway. Yang ini sudah berjalan dan memang sih punya manfaatnya dirasakan bagi bisa dibilang sebagian besar masyarakat di Ibukota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.