Kamis, 28 Maret 2013

Wisata Kuliner di Singapura

Singapura Dengan Mie Hokkian Kaki Limanya

Singapura merupakan salah satu Negara yang termasuk multietnik seperti di Indonesia. Banyak budaya yang terdapat di Negara dengan lambang singa tersebut, seperti diantaranya yaitu Tionghoa, Melayu, dan India. Oleh karena itulah, secara tidak langsung turut serta mempengaruhi berbagai kuliner yang  terdapat didalamnya. Dan salah satu kuliner dari adat Tionghoa yang saat ini juga sudah menjadi ciri khas dari Singapura adalah mie goreng Hokkian.

Singapura memang Negara yang kawasannya sangat kecil jika dibandingkan dengan Negara Indonesia. Akan tetapi, rupanya untuk masalah kuliner, Singapura juga tak kalah menariknya. Mi hokkian yang ada di Singapura ini sendiri merupakan salah satu jajanan kaki lima yang sudah sangat populer di Singapura ataupun di Malaysia. Ciri utama dari mie goreng Hokkian ini adalah dengan menggunakan bahan campurannya berupa makanan laut (sea food) dan juga sambal terasi yang menambah nikmat aroma sedapnya.

Mie goreng Hokkian dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu seperti bihun, soun, mie kuning, udang, cumi, telur ayam, dan soy sauce. Mie yang digunakan juga terdiri dari dua jenis. Mie kuning dinilai lebih memiliki rasa yang kaya karena mengandung telur, dan bihun yang bisa menyerap bumbu-bumbu secara optimal. Pertama-tama, kita panaskan minyak yang agak banyak terlebih dulu, kemudian masukkan dua telur ayam yang telah dikocok terlebih dahulu, lalu orak-arik. Dan setelah telur sudah matang, masukkan tauge sambil terus diaduk rata. Tauge tersebut dengan otomatis akan menambah rasa manis sehingga turut menambah rasa lezat pada mie tersebut. Setelah tauge mulai layu, kita baru masukkan kedua jenis mie dan masak hingga mie itu mulai matang lalu masukkan kaldu seafood yang terbuat dari kepala udang. Penggorengan tersebut lalu bisa kita tutup sebentar agar aromanya tertahan di dalam wajan sehingga kuah kaldunya bisa menguap rata.

Lalu, kita bisa memasukkan soy sauce (atau kecap asin yang terbuat dari kedelai) dan daun kucai untuk menambahkan cita rasa, lalu tambahkan juga kecap pekak (kecap yang diberi pekak atau bunga lawang). Pemberian kecap ini untuk memberikan warna yang menarik pada mie, agar tidak terlihat terlalu pucat. Masak dan aduk rata sebentar, kemudian sisihkan.

Lalu, tambahkan bawang putih yang sudah dicincang halus, udang dan cumi, garam, bawang merah goreng, dan bisa diberi acar ketimun dan wortel juga untuk menambah lengkap rasa yang terdapat pada mie goreng Hokkian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.